Tuesday, November 20, 2012

BMW R27… old bikez… yang dicinta sepanjang masa…!!!











BMW R27 yang termasuk motor tuwir… selalu aza ada peminatnya…!!! Sampai sekarangpun ada juga yang mencari.. ntah bahan, ntah sudah jadi… sampai yang bener-bener perfect…!!! Harganya pun lumayan tinggi… dari range 30-40 jeti rupiah… sampai ada yang ratusan juta rupiah… !!! Anyway, BMW R27 ini diproduksi oleh BMW pada tahun 1960-1966…!!! Motor ini sebenernya merupakan penerus BMW R26. R27 disebut juga cheap model dari BMW R69S… !!!Jumlah yang diproduksi hanya 15364 unit…!!! Harga nya pada jaman segitu… sekitar 2430 DM…!!!

BMW R27 ini menggunakan engine 247cc, 4 stroke, 1 cylinder vertical. Compression Rationya mencapai 8.2:1. Power yang dihasilkan mencapai 18HP pada 7400RPM. Crankshaft nya mirip dengan yang digunakan pada mobil.. (biasanya crankshaft tuh dikaitkan dengan crank pin). Carburatornya menggunakan ukuran 26mm. Chasisnya menggunakan steel twin-loop frame. Sistem transmisinya berkecepatan 4 speed, dan berpenggerak drive-shaft. Suspensi depan menggunakan long swing arm, sedangkan suspensi belakang menggunakan Langarmschwinge. Rem depan dan belakang menggunakan tromol 160mm. Ban depan maupun ban belakang menggunakan ukuran 3.25 x 18. Kapasitas tangki 15 liters. Konsumsi bahan bakar mencapai 1 literz dapat mencapai 25 km. Berat neh motor sekitar 162 kg. Oh ya… motor ini dapat digeber maksimum 130 km/h jika nggak pake Seitenwagen (zispan), dan 90 km/h dengan Seitenwagen.
Sebagian besar BMW R27 itu diexport ke Amerika Serikat…!!! Dan warnanya paling banyak adalah warna hitam. Namun ada juga yang berwarna lain yaitu dover white …!!! Lha kok bisa….??? Yah karena.. pada waktu itu, importir perusahaan Amerika yaitu Butler & Smith, mengirimkan sample warna mobil Packard tahun 1942.. ya warna dover white… dan meminta untuk dibuatkan R27 dengan warna tersebut… !!! BMW AG di Munchen menyetujui dan mengirimkan 50 unit BMW R27 type dover white…!!! Sampai sekarang tipe ini sangat langka… dan diburu oleh penggemarnya…!!!
Pengembangan lebih lanjut dari type R27 ini adalah R28…!!! R28 ini sebenernya merupakan motor prototype untuk keperluan militer. Namun nasibnya ya… nggak jadi diproduksi masal…!!! Di Indonesia sendiri, penggemar motor R27 ini juga banyak… komunitasnya juga ada.. dan biasanya tergabung dengan komunitas motor antik..!!! Gimana dengan partz nya…??? Well.. karena sesama hobby motor tua… biasanya persoalan partz.. ada aza yang men-share… ntah barangnya original dari Jerman atau bukan…!!! Tertarik…???
http://triatmono.wordpress.com

Honda CB 400 "Cafe Racer" Buat JJS

 

Beijing, KompasOtomotif – Seiring dengan perkembangan dunia otomotif di China, sisi gatal modifikasi para penghobi semakin gila. Rumah modifikasi pun mulai bertumbuhan, salah satunya adalah Black Bridge yang terletak di Timur kota Beijing. Honda CB 400 ala Cafe Racer ini adalah proyek pertamanya.

Adrien Macera, pemilik bengkel, sebenarnya sudah malang-melintang di dunia modifikasi. Namun untuk China, CB 400 ini terasa bersejarah. ”Sepeda motor ini milik teman. Dia punya beberapa restoran di Beijing. Meski tampilannya cafe racer, tetapi tidak untuk balapan. Cukup buat jalan-jalan sore (JJS) atau putar-putar kota di malam hari,” jelasnya.

Memang, biasanya merombak  sepeda motor ala cafe racer butuh motor berperforma tinggi. Biasanya, modifikator menggunakan sepeda motor bermesin minimal 600 cc. Namun itu tidak mengikat. Di Indonesia bahkan banyak yang mengubah sepeda motor 250 cc mereka dengan menganut aliran tersebut.

Honda CB 400 racikan Adrien ini cukup impresif. Tampilan standar  sudah dipermak dan digunduli. Garpu dan suspensi depan mencomot milik CBR600RR. Remnya menggunakan Tokico yang dibalut master cylinder Brembo.

Rangka aslinya dibuang, dibikin custom dengan memotong sedikit bagian belakang untuk menyesuaikan desain jok ala cafe racer. Bagian belakang itu ditopang dengan suspensi merek Showa. Knalpot dilewatkan bagian bawah pijakan kaki untuk memberikan kesan sporty dan menjaga keseimbangan estetika.

Banyak sekali peranti aluminium di sepeda motor ini. Bukan hanya untuk mengurangi berat, tetapi juga menjaga kemungkinan berkarat. Bagian yang terbuat dari aluminium itu adalah mangkok lampu depan, tangki bensin, pinggiran jok, tempat untuk aki, dan berbagai braket.

Untuk mesin, Adrien dan kliennya sudah cukup puas dengan performa Honda CB400 ini. Mengitari kota memang tidak butuh ngebut bukan?