Thursday, October 11, 2012

modif spool pengapian fullwave

 





Modif spool pengapian fullwave

Prosedur ngerjainnya sama aja dengan FW di motor GL/grand dan motor2 lainnya. Biasanya ragu2 nyari bagian mana kawat ground nya. Potong bagian kawat spul yg nempel ground. Kerik sampe lapisan coating/email ilang atau sampe mengkilap. Kalo gak dikerik nyoldernya ntar gak bisa nempel.
Sambung pake kabel baru, minimal ukurannya sama dengan ori (kalo ga salah 18AWG). Kalo mau digedein pake 16AWG juga boleh. Tapi kalo ganti ke 16AWG, sebaiknya kabel putih juga ikutan diganti dengan ukuran yg sama.
Lindungi sambungan kabel baru ini dengan heatshrink dan slang asbes. jangan sampe solderannya nyenggol ground lagi. Pastikan belitan rapat, jangan kendor, menghindari resiko kesabet putaran magnet.
Kabel ground ijo yg disolder ke terminal O Ring dibiarin aja, itung2 bantu grounding pulsernya.
Kalo udah, kabel kuning di spul di-nonaktifkan aja. Bisa dicabut sampe akar2nya (dibuang). Ato bisa juga dilepas dari soket dan diisolasi, jangan digabung lagi dengan kabel bodi.
Pasang lagi, spul dan karter. Sambung semua kabel2 (kecuali yg kuning dari spul). Kabel (tambahan) baru langsung masuk ke soket kiproknya. Kabel baru dan kabel putih (keduanya output spul), bisa dipasang bolak balik. Yang tidak boleh terbalik adalah kabel ke aki, kontak dan ground
Skun konektor kiprok FW (contohnya punya tigor), bisa memanfaatkan bekas skun dari konektor kiprok lama (ada 4 kabel merah,hijau,putih,kuning). Jangan lupa posisinya sesuai gambar, dan kabel supply lampu (kuning), dijumper/dijoin/disambung ke kabel (+) kontak warna hitam polos. bisa ngambil dari switch rem belakang, bisa dari flasher. Mau narik langsung dari kunci kontak juga boleh. Kabel hitam polos di kontak langsung dijoin dengan kabel kuning polos dari saklar lampu.
Tinggal ngetes aja kalo udah selesai.

No comments: