Tuesday, September 18, 2012

CB750

Honda Jepang memperkenalkan sepeda motor CB750 ke AS dan pasar Eropa pada tahun 1969 setelah mengalami kesuksesan dengan sepeda motor yang lebih kecil. Sepeda ini ditargetkan langsung di pasar AS setelah pejabat Honda, termasuk pendiri Soichiro Honda, berulang kali bertemu dengan dealer AS dan dipahami kesempatan untuk sepeda yang lebih besar. Dalam pengembangan selama satu tahun CB750 menawarkan dua fitur belum pernah terjadi sebelumnya, disc brake depan dan mesin lurus-4 transversal dengan overhead camshaft, baik yang sebelumnya tersedia pada sepeda, utama produksi terjangkau. Kedua fitur, bersama dengan harga perkenalan sebesar US $ 1.495, memberikan CB750 keuntungan yang cukup dalam persaingan, terutama saingan Inggris nya.Majalah siklus yang disebut CB750 "yang paling canggih produksi sepeda pernah" setelah diperkenalkan Dunia Cycle. Menyebutnya sebuah mahakarya, menyoroti pengujian ketahanan telaten Honda, motor ini 120 mph (190 km / h) top speed, memudar bebas kinerja pengereman, perjalanan nyaman dan instrumentasi baik.

CB750 adalah modern pertama empat-silinder mesin dari produsen utama, dan Superbike Istilah ini diciptakan untuk menggambarkan hal itu  Sepeda ditawarkan fitur penting lainnya yang ditambahkan ke nilai yang menarik nya:. Listrik pemula, membunuh beralih, cermin ganda, sinyal gilirannya berkedip, katup mudah dipelihara dan kelancaran keseluruhan dan bebas dari getaran kedua berlangsung dan pada berhenti, kemudian model (1991 tentang) termasuk bebas perawatan katup hidrolik. Di sisi lain, sepeda itu sulit untuk mendapatkan di pusat berdiri dan cenderung membuang minyak rantai ke knalpot nya.Tidak dapat mengukur permintaan untuk sepeda baru akurat, Honda terbatas investasi awal dalam produksi untuk meninggal CB750 dengan menggunakan teknik yang disebut pengecoran cetakan permanen (sering keliru disebut sebagai sandcasting) daripada diecasting untuk mesin [rujukan?] - Yakin dari penerimaan motor. Sepeda tetap dalam lineup Honda selama sepuluh tahun, dengan penjualan sebesar lebih dari 400.000 dalam rentang hidupnya. 


CB750 ini kadang-kadang disebut sebagai motor Jepang atau UJM Universal.  The Discovery Channel peringkat Honda CB750 ketiga di antara sepuluh sepeda motor atas terbesar sepanjang masa. 



Model

SOHC

Model cam overhead tunggal yang diproduksi dari tahun 1969 sampai 1978.

     1969 CB750K atau CB750K0
     1971 CB750K1
     1972 CB750K2
     1973 CB750K3 (AS-saja, K2 di tempat lain)
     1974 CB750K4 (AS / Jepang-hanya, K2 tempat lain)
     1975 CB750K5 (AS-saja, K2/K4 tempat lain), CB750F, CB750A (Canada-satunya)  

     1975 CB750F  memiliki tampilan yang lebih ramping, sebagian berkat knalpot 4-ke-1 dan kafe kursi        gaya  dengan fiberglass belakang. Perubahan lain termasuk penggunaan rem cakram belakang dan crankshaft ringan dan roda gila.
     1976 CB750K6, CB750F1, CB750A
     1977 CB750K7, CB750F2, CB750A1
     1978 CB750K8 (AS saja), CB750F3, CB750A2

DOHC

     1979-1982 CB750K
     1979 CB750K 10th Anniversary Edition (5.000 diproduksi untuk AS)
     1979-1982 CB750F
     1980-1982 CB750C "Custom"
     1982-1983 CB750SC Nighthawk
     1984-1985 CB750SC Nighthawk "S" di Kanada
     1984-1986 CB750SC Nighthawk (Horizon di Jepang) (CB700SC Nighthawk "S" di AS)
     1992-1997 CB750F2
     1991-2003 CB750 Nighthawk
     2007 CB750 (Japan-only)


HONDA DREAM-CB750FOUR.jpg
1969 Honda CB750F
Manufacturer Honda
Production 1969–2003, 2007
Class Sport bike or standard
Engine SOHC air-cooled straight four (1969-1978)
DOHC air-cooled straight 4 (1979–2003, 2007)
Top speed 125 mph (201 km/h)
Power 68 hp (51 kW) @ 8,500 rpm (1969) [1]
67 hp (50 kW) @ 8,000 rpm(DIN),[2] [3]
Torque 44 lbf·ft (60 N·m) @ 7,000 rpm
Transmission 5-speed
Suspension Front: telescopic forks
Rear: swingarm with two spring/shock units.
Brakes Front disc / Rear drum
Tires Front: 3.25" x 19"
Rear: 4.00" x 18"
Rake, Trail 3.7 in (94 mm)
Wheelbase 57.3 in (1,460 mm)
Dimensions L 85 in (2,200 mm)
W 35 in (890 mm)
H 44 in (1,100 mm)
Seat height 31 in (790 mm)
Weight 491 lb (223 kg) (wet)
Fuel capacity 4.7 US gal (18 l; 3.9 imp gal)

No comments: